Minggu, 03 April 2016

kelas Ibu hamil

PELAKSANAAN KELAS IBU HAMIL
A.PENGERTIAN
       Kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular dan akte kelahiran.
Setiap ibu hamil diwajibkan memiliki buku KIA, karena di buku ini terdapat beberapa informasi tentang kehamilan. Akan tetapi, tidak semua informasi penting termuat di buku KIA. Untuk itu, dibentuklah program Kelas Ibu Hamil.
B.TUJUAN 
Tujuan Umum : Meningkatkan pengetahuan, merubah  sikap dan perilaku ibu agar    memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos/kepercayaan/adat istiadat setempat, penyakit menular dan akte kelahiran.
Tujuan Khusus : 
1. Terjadinya interaksi dan berbagi pengalaman antara peserta (ibu hamil dengan ibu hamil) dan antara ibu hamil dengan petugas kesehatan/bidan
2.  Meningkatnya pemahaman, sikap dan perilaku ibu hamil tentang :
 a. Kehamilan, perubahan tubuh, keluhan (apakah kehamilan itu?, perubahan tubuh
   selama kehamilan, keluhan umumsaat hamil dan cara mengatasinya, apa saja
   yang perlu dilakukan ibu hamil dan pengaturan gizi termasuk pemberian tablet
   tambah darah untuk penanggulangan Anemia).
 b. Perawatan kehamilan (kesiapan psikologis menghadapi kehamilan, hubungan
   suami isteri selama kehamilan, obat yang boleh dikonsumsi ibu hamil, tanda
   bahaya kehamilan dan P4K).
 c. Persalinan (tanda-tanda persalinan, tanda bahaya persalinan dan proses persalinan).
 d. Perawatan nifas (apa saja yang dilakukan ibu nifas agar dapat menyusui
   eksklusif, bagaimana menjaga kesehatan ibu nifas, tanda-tanda bahaya dan                                                        penyakit ibu nifas).
 e. KB pasca persalinan.
 f. Perawatan bayi baru lahir (perawatan bayi baru lahir, pemberian vit.K1 injeksi,
   tanda bahaya bayi baru lahir, pengamatan perkembangan bayi/anak dan pemberian   imunisasi pada bayi baru lahir).
 g. Mitos/kepercayaan/adat istiadat setampat yang berkaitan dengan kesehatan ibu
   dan anak.
 h. Penyakit menular (IMS, informasi dasar HIV-AIDS dan pencegahan serta
   penanggulangan malaria pada ibu hamil).
 i. Akte kelahiran.

C.SASARAN KELAS IBU HAMIL
Peserta kelas ibu hamil sebaiknya ibu hamil pada umur kehmilan 4 - 36 minggu untuk mendapatkan materi kelas ibu hamil. Untuk pelaksanaan senam ibu hamil sebaiknya peserta umur kehamilan > 20 minggu, karena pada umur kehamilan ini kondisi ibu sudah kuat, tidak takut keguguran, efektif untuk melakukan senam hamil.
Jumlah peserta kelas ibu hamil maksimal 10 orang setiap kelas. Suami/keluarga ikut serta minimal 1 kali pertemuan sehingga dapat mengikuti berbagai informasi penting, misalnay materi tentang persiapan persalinan atau materi yang lainnya.
D.PELAKSANAAN KELAS IBU HAMIL 
     Kelas ibu hamil dapat dilaksanakan oleh pemerintah, swasta, LSM dan mayarakat.

      1. Fungsi dan peran  (Provinsi, Kabupaten dan Puskesmas.
          * Provinsi :
                - Menyiapkan tenaga pelatih
                - Mendukung pelaksanaan kelas ibu hamil (sarana prasarana)
                - Monitoring dan eveluasi
          * Kabupaten :
                - Menyiapkan tenaga fasilitator 
                - Bertanggungjawab atas terlaksananya kelas ibu hamil (dana, sarana  dan prasarana)
                - Monitoring dan evaluasi
          * Puskesmas :
                - Kepala puskesmas sebagai penanggung jawab dan mengkoordinir  pelaksanaan kelas ibu
                   hamil di wilayah kerjanya.
                - Bidan/tenaga kesehatan bertanggung jawab dalam pelaksanaan  kelas ibu hamil
                   (identifikasi calon peserta, koordinasi dengan stake holder,  fasilitasi pertemuan monitoring, evaluasi dan pelaporan).
      2. Fasilitator dan nara sumber
          Fasilitator kelas ibu hamil adalah bidan atau petugas kesehatan yang telah  mendapat pelatihan
          dan setelah itu diperbolehkan untuk malaksanakan fasilitasi kelas ibu hamil.
          Dalam pelaksanaan kelas ibu hamil, fasilitator dapat meminta bantuan  narasumber untuk
          menyampaikan materi bidang tertentu.
          Nara sumber adalah tenaga kesehatan yang mempunyai keahlian di bidang  tertentu untuk
          mendukung kelas ibu hamil.
      3. Sarana dan prasarana
Ruang belajar untuk kapasitas 10 orang peserta kira-kira ukuran 4 x 5 m, dengan ventilasi dan pencahayaan yang cukup.
Alat tulis menulis (papan tulis, kertas, spidol, bolpoin) jika ada
Buku KIA
Lembar balik kelas ibu hamil
 Buku pedoman pelaksanaan kelas ibu hamil
Buku pegangan fasilitator
Alat peraga (KB kit, food model, boneka, metode kanguru, dll) jika ada
Tikar/karpet (matraks)
Bantal, kursi (jika ada)
Buku senam hamil

E.TAHAPAN PELAKSANAAN KELAS IBU HAMIL
    Bebarapa tahapan yang dilakukan untuk melaksanakan kelas ibu hamil :
Pelatihan bagi pelatih
Pelatihan bagi fasilitator
Sosialisasi kelas ibu hamil pada tokoh agama, tokoh masyarakat dan stake holder
Persiapan pelaksanaan kelas ibu hamil
Pelaksanaan kelas ibu hamil
Monitoring, evaluasi dan pelaporan                         

F.KEGIATAN PELAKSANAAN          
Analisa Singkat                                                                                                               Melakukan analisa kebutuhan sebelum melaksanakan kelas ibu hamil bertujuan untuk mengetahui kebutuhan apa yang diperlukan untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan kegiatan kelas ibu hamil. Misalnya : siapa tim fasilitator yang akan memfasilitasi pertemuan, pakah diperlukan nara sumber atau bagaimana persiapan materi dan alat bantu sudah lengkap atau perlu ditambah dengan alat bantu lainnya, dll. 
Kegiatan Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil                                                                                           Pertemuan kelas ibu hamil dilakukan 3 kali pertemuan selama hamil atau sesuai dengan hasil kesepakatan fasilitator dengan peserta. Pada setiap pertemuan, materi kelas ibu hamil disampaikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ibu hamiltetapi tetap mengutamakan materi pokok. Setiap akhir pertemuan dilakukan senam ibu hamil, bagi ibu hamil yang mempunyai usia kehamilan > 20 minggu. Senam ibu hamil merupakan kegiatan/materi ekstra di kelas ibu hamil, jika dilaksanakan, setelah sampai di rumah diharapkan dapat dipraktekan. Waktu pertemuan disesuaikan dengan kesiapan ibu-ibu, bisa dilakukan pada pagi atau sore hari dengan lama waktu pertemuan 120 menit termasuk senam hamil 15 - 20 menit.                            
G.MATERI KELAS IBU HAMIL  
  
     1. PERTEMUAN I
        * Kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan.
            - Apa itu kehamilan?
            - Perubahan tubuh ibu selama kehamilan
            - Apa saja yang perlu dilakukan ibu
            - Pengaturan gizi termasuk pemberian
              tablet tambah darah untuk mencegah
              Anemia. 
        * Perawatan Kehamilan. 
           - Kesiapan psikologis menghadapi
             kehamilan.
           - Hubungan suami isteri selama kehamilan.
           - Obat yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.
           - Tanda - tanda bahaya kehamilan
           - Perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi.
   
     2. PERTEMUAN II  
          * Persalinan
             - Tanda - tanda persalinan
             - Tanda bahaya pada persalinan
             - Proses persalinan
             - Inisiasi Menyusui Dini (IMD)
          * Perawatan Nifas
             - Apa saja yang dilakukan ibu nifas agar
               dapat menyusui eksklusif?
             - Bagaimana menjaga kesehatan ibu nifas?
             - Tanda - tanda bahaya nifas
             - KB post partum
                                                                                     USG
Teknik menyusui yang benar
Inisiasi Menyusui Dini (IMD)


   3. PERTEMUAN III   
       * Perawatan Bayi baru lahir
          - Perawatan Bayi Baru Lahir (BBL)
          - Pemberian Vitamin K injeksi pada BBL
          - Tanda bahaya BBL
          - Pengamatan perkembangan bayi/anak 
          - Pemberian imunisasi pada BBL
       * Mitos
          - Penggalian dan penelusuran mitos yang 
            berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak.
       * Penyakit menular
          - Infeksi Menular Seksual (IMS)
          - Informasi dasar HIV/AIDS
          - Pencegahan dan penanganan Malaria pada ibu hamil.
       * Akte kelahiran

H.MONITORING, EVALUASI

     I. MONITORING
        Monitoring dilakukan dalam rangaka melihat perkembangan dan pencapaian    serta masalah 
        dalam pelaksanaan kelas ibu hamil, hasil monitoring dapat dijadikan bahan   untuk perbaikan dan 
        pengembangan kelas ibu hamil selanjutnya. Kegiatan monitoring dilakukan   secara berkala dan 
        berjenjang mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kbupaten / Kota dan Provinsi.

     II. EVALUASI
          Evaluasi dilakukan untuk melihat keluaran dan dampak baik positif maupun negatif pelaksanaan kelas ibu hamil berdasarkan indikator. Dari hasil evaluasi tersebut bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran guna melakukan perbaikan dan pengembangan kelas ibu hamil berikutnya.
          Evaluasi oleh pelaksana (bidan/koordinator bidan) dilakukan setiap selesai pertemuan.Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota serta Dinas Kesehatan Provinsi dapat melakukan evaluasi bersama-sama misalnya 1 kali setahun.

      III. IDIKATOR KEBERHASILAN
            * Indikator Input :
               - petugas kesehatan sebagai fasilitator kelas ibu hamil
               - ibu hamil yang mengikuti kelas ibu hamil
               - suami/anggota keluarga yang hadir mengikuti kelas ibu hamil
               - kader yang terlibat dalam penyelenggaraan kelas ibu hamil
            * Indikator Proses
               - Fasilitator : manajemen waktu, penggunaan variasi metode pembelajaran, bahasan 
                 peyampaian, penggunaan alat bantu, kemampuan melibatkan peserta, informasi Buku KIA.
               - Peserta : fekuensi kehadiran, keaktifan bertanya dan berdiskusi
               - Penyelenggaraan : tempat, sarana, waktu
             * Indikator Output :
                - peningkatan jumlah ibu hamil yang memiliki Buku KIA
                - ibu yang datang pada K4
                - ibu/keluarga yang telah memiliki perencanaan persalinan
                - ibu yang datang untuk mendapatkan tablet Fe
                - ibu yang telah membuat pilihan bersalin dengan Nakes
                - KN
                - IMD
                - kader dalam keterlibatan penyelenggaraan


I.PELAPORAN
   Seluruh rangakaian hasil proses pelaksanaan kegiatan kelas ibu hamil sebaiknya dibuatkan laporan.
   Pelaporan hasil pelaksanaan kelas ibu hamil dijadikan sebagai dokumen, sehingga dapat dijadikan
   sebagai bahan informasi dan pembelajaran bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
   Pelaporan  disusun pada setiap selesai melaksanakan kelas ibu hamil.
   Isi laporan minimal tentang :
      1. Waktu pelaksanaan
      2. Jumlah peserta
      3. Proses pertemuan
      4. Masalah dan hasil capaian pelaksanaan
      5. Hasil evaluasi

Selain rangakaian materi di atas, bahan yang penting disiapkan adalah kuesioner yang berisi pertanyaan tentang kesehatan ibu dan anak yang merupakan Pra-tes dan Post-tes.
Dengan ini, pengetahuan ibu hamil dapat diukur sebelum menerima pembelajaran dan sesudah menerima pembelajaran.

PERMENKES
Menetapkan : KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN TENTANG REGISTRASI DAN PRAKTIK BIDAN.   
BAB   V
PRAKTIK  BIDAN
Pasal   14
Bidan dalam menjalankan praktiknya berwenang untuk memberikan pelayanan yang meliputi :
a. pelayanan kebidanan;
b. pelayanan keluarga berencana;
c. pelayanan kesehatan masyarakat
Pasal   15
 (1) Pelayanan kebidanan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 huruf a  ditujukan kepada ibu dan anak.
 (2) Pelayanan kepada ibu diberikan pada masa pranikah, prahamil, masa kehamilan, masa persalinan, masa nifas, menyusui dan masa antara (periode interval).
(3) Pelayanan kebidanan kepada anak diberikan pada masa bayi baru lahir, masa bayi, masa anak balita dan masa pra sekolah
Pasal   16
 (1) Pelayanan kebidanan kepada ibu meliputi :
 a. penyuluhan dan konseling;
 b. pemeriksaan fisik;
 c. pelayanan antenatal pada kehamilan normal;

Pasal   20
Bidan dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat sebagaimana dimaksud dalam pasal 14 huruf  c, berwenang untuk  :
a. pembinaan peran serta masyarakat dibidang kesehatan ibu dan anak;
b. memantau tumbuh kembang anak;
c. melaksanakan pelayanan kebidanan komunitas;
d. melaksanakan deteksi dini, melaksanakan pertolongan pertama, merujuk dan memberikan penyuluhan Infeksi Menular Seksual (IMS), penyalahgunaan Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif  lainnya (NAPZA)  serta penyakit lainnya. 
Dijelaskan pada PERMENKES diatas bahwa wewenang bidan yaitu pemeliharaan kesehatan ibu dan anak termasuk didalamnya ibu hamil,dengan adanya kelas ibu hamil otomatis bidan memberikan pelayanan kesehatan masyarakat sebagaimana pada pasal tersebut diatas. Dengan adanya kelas ibu hamil, semakin mendekatkan bidan dengan ibu hamil dan menjangkau antenatal care,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar